PENGEMBANGAN GAME BERBASIS CONSTRUCT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SALATIGA PADA MATERI LAPISAN PENYUSUN BUMI

Inayati, Anisa Nurul (2024) PENGEMBANGAN GAME BERBASIS CONSTRUCT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SALATIGA PADA MATERI LAPISAN PENYUSUN BUMI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi Anisa Nurul Inayati.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kebutuhan, karakteristik produk pengembangan, kelayakan dan kepraktisan. Adapun produk yang dikembangkan berupa game berbasis construct dengan materi lapisan penyusun bumi. Produk yang dikembangkan dilengkapi soal untuk kemampuan berpikir kritis. Game ini serta berguna sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat dipergunakan secara mandiri maupun dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengambil subjek siswa/siswi kelas VIII di SMP Negeri 8 Salatiga. Game yang dikembangkan ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta praktisi (guru). Penelitian pengembangan ini merupakan modifikasi dari model 4D dengan tahapan yang telah dimodifikasi meliputi pendefinisian, perencanaan, dan pengembangan. Pengambilan data menggunakan pengamatan, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, lembar kuesioner, serta dokumentasi. Adapun hasil dari analisis kebutuhan siswa dengan rerata sebesar 63% yang termasuk dalam kategori dibutuhkan, uji kelayakan media 96%, kelayakan materi 97% yang memenuhi kategori sangat layak dan dapat digunakan dengan revisi dan tanpa revisi, sedangkan uji respon kepraktisan guru 88%, yang memenuhi kategori sangat praktis dan respon kepraktisan siswa sebanyak 78% dan termasuk pada kategori praktis. Oleh karena itu, media ini layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 21:15
Last Modified: 09 Jul 2024 21:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21146

Actions (login required)

View Item View Item