PENGARUH POSITIVE CIRCLE DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Setiawati, Maya Dwi (2024) PENGARUH POSITIVE CIRCLE DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MAYA DWI SETIAWATI 23010200037.pdf

Download (5MB)

Abstract

Setiawati, Maya Dwi. 2024. Pengaruh Positive Circle dan Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M. Pd. I. Kata kunci: positive circle, lingkungan keluarga, perilaku keagamaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positive circle terhadap perilaku keagamaan, mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap perilaku keagamaan, dan mengetahui pengaruh positive circle dan lingkungan keluarga terhadap perilaku keagamaan siswa SMP Negeri 9 Salatiga tahun ajaran 2023/2024 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari 723 populasi siswa diambil 88 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS Statistic. Uji prasyarat asumsi klasik untuk normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastitas digunakan sebelum pengujian regresi. Penelitian ini memperlihatkan bahwa: 1) Positive circle memberi pengaruh terhadap perilaku keagamaan siswa. Hasil dari perhitungan diketahui nilai sig sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung (4.001) > t tabel (1.991) dan koefisien variabel 0.398 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan variabel positive circle akan mempengaruhi perilaku keagamaan siswa sebesar 0.398. 2) Lingkungan keluarga memberi pengaruh terhadap perilaku keagamaan siswa. Hasil dari perhitungan diketahui nilai sig sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung (3.803) > t tabel (1.991) dan koefisien variabel 0.342 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan variabel lingkungan keluarga akan mempengaruhi perilaku keagamaan siswa sebesar 0.342. 3) Positive circle dan lingkungan keluarga secara simultan mempengaruhi perilaku keagamaan secara signifikan. Hasil yang diperoleh yaitu nilai f hitung (23.924) > f tabel (3.10) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil pengujian yang dijalankan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara bersamaan diperoleh nilai 82.817, dalam artian setiap kenaikan satu variabel independen secara bersamaan akan mempengaruhi variabel dependen sehingga perilaku keagamaan memiliki nilai sebesar 82.817. Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 0.360 yang artinya secara simultan variabel positive circle dan lingkungan keluarga mempengaruhi perilaku keagamaan sebesar 36%. Sedangkan 64% perilaku keagamaan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teramati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 22:00
Last Modified: 09 Jul 2024 22:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21149

Actions (login required)

View Item View Item