IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5 PPRA) BERBASIS GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DAN KEWIRAUSAHAAN DI MIN SALATIGA

Rizki, Sri (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5 PPRA) BERBASIS GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DAN KEWIRAUSAHAAN DI MIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
CD TESIS SRI RIZKI (pdf).pdf

Download (3MB)
[img] Text
CD TESIS SRI RIZKI (pdf).pdf

Download (3MB)
[img] Text
CD TESIS SRI RIZKI (pdf).pdf

Download (3MB)
[img] Text
CD TESIS SRI RIZKI (pdf).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persiapan, pelaksanaan dan evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) berbasis gaya hidup berkelanjutan dan kewirausahaan di MIN Salatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Kemudian teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada teknik pengecakan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi ssumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan yang diperoleh, bahwa implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 PPRA) berbasis gaya hidup berkelanjutan dan kewirausahaan di MIN Salatiga terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan terdiri dari beberapa langkah yang dilaksanakan berupa a) pembentukan tim fasilitator; b) pengidentifikasian kesiapan tim; c) menentukan tema proyek; d) perancangan dimensi dan; e) perancangan alokasi waktu. Kemudian tahap pelaksanaan terdiri tahapan berupa a) penyusunan modul proyek; b) sosialisasi proyek; c) asssesmen diagnostik; d) tahap konseptual; e) tahap kontekstual; f) tahap aksi; g) tahap gelar karya. Untuk tahap evaluasi menghasilkan evaluasi berupa adanya perubahan tingkah laku peserta didik yang mampu menunjukkan capaian dimensi P5-PPRA. Pemahaman peserta didik terkait dengan topik atau materi yang diangkat dilihat dari Lembar Kerja Peserta Didik dan hasil proyek yang telah dibuat. Sarana prasarana untuk menunjang pengimplementasian P5-PPRA menggunakan apa yang ada disekolah dibantu dengan kreativitas peserta didik. Namun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu padatnya berbagai kegiatan Madrasah yang pelaksanaannya berbarengan dengan pengimplementasian P5-PPRA di MIN Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Jul 2024 23:09
Last Modified: 09 Jul 2024 23:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21151

Actions (login required)

View Item View Item