PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PULUTAN 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Hidayah, Fara Nailatul (2024) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PULUTAN 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FARA NAILATUL HIDAYAH_230402000008.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARA NAILATUL HIDAYAH_230402000008.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARA NAILATUL HIDAYAH_230402000008.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARA NAILATUL HIDAYAH_230402000008.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARA NAILATUL HIDAYAH_230402000008.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARA NAILATUL HIDAYAH_230402000008.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARA NAILATUL HIDAYAH_230402000008.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARA NAILATUL HIDAYAH_230402000008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV di SD Negeri Pulutan 02 Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024 dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan Model Kemmis & Mc Taggart (1998) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pulutan 02 Salatiga dengan jumlah 13 siswa terdiri dari 8 lakilaki dan 7 perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar Soal, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan modul Ajar. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS setelah dilakukan penerapan metode role playing. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Hasil pra siklus diketahui 5 siswa tuntas dengan persentase 38%, dan nilai rata-rata 69%. Selanjutnya pada siklus I diketahui 8 siswa tuntas dengan persentase 62%, dan nilai rata-rata 71%. Pada siklus II diketahui 11 siswa tuntas dengan persentase 85%, dan nilai rata-rata 85%. Nilai tersebut sudah mencapai KKTP dan telah mencapai kriteria keberhasilan dimana lebih dari 80% siswa yang memperoleh ≥ 70. Maka dengan demikian, penelitian tindakan kelas (PTK) dinyatakan berhasil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 00:02
Last Modified: 10 Jul 2024 00:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21153

Actions (login required)

View Item View Item