ANALISIS PROSES GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Khasanah, Nur (2024) ANALISIS PROSES GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SD ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi sanah full jadi yg terakhir.pdf

Download (3MB)
[img] Text
skripsi sanah full jadi yg terakhir.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khasanah, Nur. 2024. Analisis Proses Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Islam Al Azhar 22 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci : proses; guru; membaca; permulaan Tujuan penelitian ini yakni 1) Proses guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan 2) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas 1 3) Faktor penghambat dan pendukung siswa dalam membaca permulaan pada siswa kelas 1 di SD Islam Al Azhar 22 Salatiga. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru kelas 1, dan siswa kelas 1. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses guru dalam meningkatkan keamampuan membaca permulaan mempunyai beberapa tahap yaitu a) memperkenalkan bentuk huruf abjad dari A/a sampai dengan Z/z; b) memperkenalkan suku kata, kata dan kalimat; c) Memperkenalkan kalimat pendek; d) melatih membaca kalimat lengka; e) melatih membaca kalimat komplek atau majemuk; f ) melatih membaca dengan menggunakan lafal yang benar dan intonasi yang tepat. 2) Kesulitan yang dialami siswa berupa a) sulit membedakan huruf; b) merasa kesulitan menggabungkan bunyi huruf menjadi kata; c) kurang konsentrasi; d) sulit mengeja huruf menjadi kata; e) membacanya masih tersendat-sendat; f) sulit mengenal huruf; g) siswa tidak paham tanda baca; h) siswa mengalami kesulitan memahami arti bacaan pada teks. 3) Faktor pendukung dan penghambat yang dialami siswa ketika membaca permulaan adalah a) kemampuan siswa yang berbeda-beda; b) minat baca siswa yang masih kurang; c) lingkungan keluarga; d) kesadaran orang tua; e) siswa sudah tahu huruf tapi belum bisa membaca cenderung membutuhkan waktu yang lama; f) motivasi anak; g) kerjasama dengan orang tua; h) tingkat kematangan anak yang berbeda-beda; i) siswa kurang konsentrasi; j) siswa kurang fokus; k) dukungan dari keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:26
Last Modified: 10 Jul 2024 03:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21161

Actions (login required)

View Item View Item