EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA MINIATUR PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

sofa, Neha lailatus (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA MINIATUR PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FINAL-Neha Lailatus Sofa.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sofa, Neha Lailatus. 2024. Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Miniatur pada Materi Bumi dan Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas, Project Based Learning, Media Miniatur, dan Hasil Belajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui deskripsi hasil belajar IPA peserta didik kelas VII B sebagai kelas kontrol pada materi Bumi dan Tata Surya di SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) mengetahui deskripsi hasil belajar IPA peserta didik kelas VII C sebagai kelas eksperimen pada materi Bumi dan Tata Surya di SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024, dan (3) mengetahui efektivitas model PjBL berbantuan media miniatur terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VII di SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan menggunakan metode True Exsperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posstest Control Group Design. Pengambilan sampel pada populasi menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII dengan jumlah sebanyak 115 peserta didik dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 56 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa hasil belajar IPA materi Bumi dan Tata Surya pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 86.88 > 58.54. Hasil dari uji Independent Sample T Test diperoleh nilai thitung 11.811 > ttabel 2.005 dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0.001 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan model project based learning (PjBL) berbantuan media miniatur materi Bumi dan Tata Surya efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Dharma lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 13:10
Last Modified: 10 Jul 2024 13:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item