Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Hardiness dengan Tingkat Kedisiplinan Santri Remaja di Pondok Pesantren Al-Asror Semarang

Sains, Asy-Syifa Aulia (2024) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Hardiness dengan Tingkat Kedisiplinan Santri Remaja di Pondok Pesantren Al-Asror Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Asy-Syifa Aulia Sains 43040200015.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Asy-Syifa Aulia Sains 43040200015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sains, Asy-Syifa Aulia. 2024. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Hardiness dengan Tingkat Kedisiplinan pada Santri Remaja di Pondok Pesantren Al-Asror Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan emosional, hardiness, dan kedisiplinan Tujuan penelitian dalam skripsi ini terdapat 3 hal, yaitu : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat kedisiplinan pada santri remaja di pondok pesantren Al-Asror. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara hardiness dengan tingkat kedisiplinan pada santri remaja di pondok pesantren Al-Asror. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dan hardiness dengan kedisiplinan pada santri remaja di pondok pesantren Al-Asror. Penelitian dalam skripsi ini merupakan jenis penelitian kausalitas dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner atau skala psikologi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah yang berstatus santri di Pondok Pesantren Putri Assalafy Al-Asror sebanyak 130 santri. Dengan teknik sampling purposive sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 39 santri. Analisis data menggunakan metode uji hipotesis yaitu dengan uji-t parsial dan uji F secara simultan yang diolah menggunakan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat kedisiplinan karena nilai Sig. 0,038 < 0,05; 2) Terdapat hubungan antara hardiness dengan tingkat kedisiplinan karena nilai Sig. 0,000 < 0,05; 3) Terdapat hubungan secara signifikan antara kecerdasan emosional dan hardiness dengan tingkat kedisiplinan karena nilai F hitung sebesar 11,699 dan nilai F tabel sebesar 3,259 sehingga F hitung > F tabel atau 11,699 > 3,259 yang berarti bahwa kecerdasan emosional (X1) dan hardiness (X2) adalah faktor utama dalam menjalani dan menerima bahwa padatnya kegiatan dan ketatnya peraturan yang harus dipatuhi menjadikan individu memiliki sikap disiplin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 15:41
Last Modified: 10 Jul 2024 15:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21172

Actions (login required)

View Item View Item