Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantu Media Stellarium Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024

Syarifah, Siti (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantu Media Stellarium Pada Materi Sistem Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi SITI SYARIFAH_23060200016_TIPA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Salatiga dan efektivitas model pembelajaran Quantum Learning berbantu media Stellarium pada materi sistem tata surya terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan True Experimental Design, jenis desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan dua kelompok pada desain ini yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini kelas VII di SMP Negeri 4 Salatiga, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dengan soal pilihan ganda dan angket. Analisis data penelitian menggunakan uji parametrik (uji Independent Sample T-Test) menggunakan program SPSS 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis data uji uji Independent Sample T-Test diperoleh thitung > ttabel (2,757 > 2,002) dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,008 < 0,05 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti model pembelajaran Quantum Learning berbantu media Stellarium efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya. Didukung dengan adanya angket respon siswa yang menunjukkan hasil 73% berarti secara keseluruhan siswa memberikan respon positif terkait penerapan model Quantum Learning berbantu media Stellarium pada materi sistem tata surya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 15:44
Last Modified: 10 Jul 2024 15:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item