EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DAN MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA PADA MATA PELAJARAN IPA

Hapsari, Farida Ayu (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA DAN MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA PADA MATA PELAJARAN IPA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Farida Ayu Hapsari 12020200016 Tesis.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Farida Ayu Hapsari 12020200016 Tesis.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Farida Ayu Hapsari 12020200016 Tesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hapsari, Farida Ayu. 2024. Efektivitas Penggunaan Media Diorama dan Model Inside-Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Materi Tata Surya Pada Mata Pelajaran IPA. Tesis. Program Pascasarjana. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslikhah, M.Si. Media merupakan alat bantu mengajar untuk menyampaikan pesan sesuai materi agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Model Inside-Outside Circle merupakan model yang dikemas seperti permainan dan dirancang untuk mendorong siswa aktif di dalam kelas. Berdasarkan penelitian terdahulu milik para ahli yang menunjukkan hasil yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran menggunakan media diorama dalam pembelajaran IPA, maka peneliti merasa perlu untuk mengkolaborasikan media diorama dengan model IOC untuk mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar materi tata surya pada mata pelajaran IPA di MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model eksperimen. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah jenis eksperimen yaitu Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian ini diukur dengan menggunakan pre test yang dilakukan sebelum diberi perlakuan dan post test yang dilakukan setelah diberi perlakuan untuk setiap sesi pembelajaran. Instrumen penelitian mencakup instrumen pembelajaran (silabus dan RPP) dan instrumen pengumpulan data berupa soal pretest dan posttest. Analisis data peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis Independen T-test telah teruji bahwa sampel terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Nilai signifikasi (2-tailed) untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,000 (P > 0,05). Hasil uji analisis data menyatakan bahwa penggunaan media diorama dan model Inside-Outside Circle efektif terhadap hasil belajar materi tata surya pada mata pelajaran IPA di MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga tahun 2024. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa setelah mendapatkan perlakuan menggunakan media diorama dan model Inside-Outside Circle. Kata kunci: Efektivitas, Media Diorama, Model Inside-Outside Circle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 16:00
Last Modified: 10 Jul 2024 16:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21175

Actions (login required)

View Item View Item