PENGARUH MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Wulandari, Isnani (2024) PENGARUH MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ISNANI WULANDARI 035.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Isnani. 2024. Pengaruh Model Argument Driven Inquiry (ADI) dengan Media Teka-teki Silang terhadap Hasil Belajar Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Argument Driven Inquiry; Teka-teki Silang; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Argument Driven Inquiry (ADI) dengan media teka-teki silang terhadap hasil belajar materi unsur, senyawa, dan campuran pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Salatiga yang mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel model Argument Driven Inquiry (ADI) dengan media teka-teki silang sebagai variabel X dan hasil belajar peserta didik sebagai variabel Y. pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan tes dan nontes. Data tes diambil dari soal pilihan ganda yang diuji keabsahannya dengan uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran, serta uji daya pembeda soal. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dengan pretest dan posttest. Sedangkan dalam uji nontes menggunakan angket respon peserta didik dan lembar observasi peserta didik yang telah diuji keabsahannya melalui validasi ahli. Nilai pretest dan posttest selanjutnya diuji normalitas, homogenitas, koefisien korelasi, dan regresi linier sedernaha dengan software SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji pengaruh yaitu uji koefisien korelasi menunjukkan besarnya pearson correlation yaitu 0,514. Nilai 0,514>0,400 yang artinya data berkorelasi sedang. Hubungan kekuatan pengaruh model ADI dengan media teka-teki silang terhadap hasil belajar didukung dengan nilai r2 sebesar 0,265 yang menunjukkan 26,5% kedua variabel berpengaruh. Nilai signifikan pada uji regresi linier sederhana menunjukkan angka 0,003<0,05 dengan persamaan Y=1,924 + 1,681X. Hasil tersebut juga didukung oleh angket dan lembar observasi dengan mean 85% dan 71% yang berarti peserta didik merespon model dan media yang dengan sangat positif dan sebagian besar sintak pembelajaran terlaksana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran ADI dengan media teka-teki silang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik materi unsur, senyawa, dan campuran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 16:06
Last Modified: 10 Jul 2024 16:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21176

Actions (login required)

View Item View Item