Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning Materi Unsur, Senyawa dan Campuran Kelas VIII SMP Islam Sunan Giri Salatiga

Fatimatuzzahro, (2024) Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning Materi Unsur, Senyawa dan Campuran Kelas VIII SMP Islam Sunan Giri Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fatimatuzzahro 23060200003.pdf

Download (9MB)
[img] Text
skripsi fatimatuzzahro 23060200003.pdf

Download (9MB)
[img] Text
skripsi fatimatuzzahro 23060200003.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: pengembangan; e-book; interaktif; guided discovery learning Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, karakteristik, kelayakan dan kepraktisan e-book interaktif berbasis guided discovery learning materi unsur, senyawa dan campuran kelas VIII SMP Islam Sunan Giri Salatiga. Penelitian ini menerapkan dan memodifikasi langkah-langkah 4D Thiagarajan dengan direduksi menjadi 3 langkah saja, yaitu tahap pendefinisian atau define, tahap perencanaan atau design, tahap pengembangan atau develop, tanpa tahap penyebaran atau disseminate. Tahap pendefinisian mencakup empat langkah yaitu 1) analisis awal-akhir (front-end analysis), 2) analisis konsep (concept analysis), 3) analisis tugas (task analysis), dan 4) perumusan tujuan pembelajaran (specifying instructional objectives). Adapun tahap perencanaan mencakup empat langkah yaitu 1) merancang spesifikasi produk, 2) penyusunan materi, 3) pemilihan media pengembangan, 4) produksi. Pada tahap pengembangan, peneliti melaksanakan validasi bahan ajar e-book interaktif kepada ahli materi dan bahasa, serta ahli desain dan media. Selain itu dilaksanakan uji kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan e-book interaktif berbasis guided discovery learning materi unsur, senyawa, dan campuran dibutuhkan peserta didik kelas VIII SMP Islam Sunan Giri salatiga. Adanya e-book interaktif terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Karakteristik utama yang membedakan e-book interaktif berbasis guided discovery learning dengan e-book lainnya adalah penyusunan e-book disesuaikan dengan sintaks guided discovery learning. Selain itu pada setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan penjelasan video serta tugas yang telah dirangkum dalam bentuk permainan edukasi. Kelayakan e-book interaktif didasarkan pada penilaian ahli dan mendapatkan nilai 87% atau dengan kategori ‘Sangat Layak’, meliputi validasi ahli materi dan bahasa 78% atau dengan kategori ‘Layak’, validasi ahli desain dan media 96% atau dengan kategori ‘Sangat Layak’. Sedangkan kepraktisan e-book interaktif didasarkan pada penilaian kepraktisan oleh pendidik dengan skor sebesar 91,75% atau dengan kategori ‘Sangat Layak’ dan penilaian kepraktisan oleh peserta didik sebesar 87% atau dengan kategori ‘Sangat Layak’.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 16:40
Last Modified: 10 Jul 2024 16:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21177

Actions (login required)

View Item View Item