Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga

Nurhikmah, Eliana (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ELIANA NURHIKMAH 23040200011 PGMI .pdf

Download (8MB)
[img] Text
ELIANA NURHIKMAH 23040200011 PGMI .pdf

Download (8MB)
[img] Text
ELIANA NURHIKMAH 23040200011 PGMI .pdf

Download (8MB)
[img] Text
ELIANA NURHIKMAH 23040200011 PGMI .pdf

Download (8MB)
[img] Text
ELIANA NURHIKMAH 23040200011 PGMI .pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhikmah, Eliana.2024. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SDIT Nidaul Hikmah Salatiga, Skripsi , Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran IPAS Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS Kelas V SDIT Nidaul hikmah yang berfokus pada; 1) Perencanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS Kelas V ; 2) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS Kelas V; 3) Evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS Kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatf dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini berupa sumber data primer yang merupakan narasumber seperti kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas dan siswa dan sumber data sekunder seperti modul ajar, jurnal dan hasil dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan;1) Perencanaan dilakukan dengan asesmen diagnostik kemudian guru melakukan penyusunan modul ajar yang menyesuaikan media, metode, alat,langkah pembelajaran sesuai hasil tes diagnostik. Kendala dalam perencanaan membutuhkan waktu yang lama dalam penyusunan modul ajar, Manajemen waktu yang baik dan perancangan modul ajar lebih awal,kegiatan KKG bisa menjadi upaya penyelesiananya. 2) Pelaksanaan Pembelajaran berdiferensiasi IPAS Kelas V dilakukn dengan IPA IPS terpisah dan metode, medi, alat, sesui modul ajar.Salah satu kendala dalam pelaksanaan masih terdapat siswa yang merasa dibedakan dalam pembelajaran diupayakan dengan pembelajaran berdiferensiasi yang bergantian sesuai gaya belajar masing-masing;3)Evaluasi dilakukan dengan asesmen kurikulum merdeka. Membutuhkan penilaian yang lebih banyak karena diferensiasi produk menjadi kendala dalam evaluasi pembelajaran, bisa diupayakan dengan menyederhankan teknik atau instrumen penilaian.Kontribusi temuan peneliti yaitu SDIT Nidaul Hikmah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi IPAS dengan menggabungkan antara kurikulum merdeka dan kurikulum JSIT,sehingga dalam pelaksanaanya tetap memiliki unsur keislaman meski dibawah naungan kemendikbud.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 17:26
Last Modified: 10 Jul 2024 17:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item View Item