Maghfiroh, Emy Pebriani (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA PADA PESERTA DIDIK FASE E SMA NEGERI 1 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
|
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
|
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
|
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
|
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
|
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
|
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
|
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
|
Text
Emy Pebriani Maghfiroh 23070200024.pdf Download (5MB) |
Abstract
Maghfiroh, Emy Pebriani. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Team Games Tournament) Berbantuan Media Pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Peserta didik Fase E SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif (Team Games Tournament), Hasil Belajar, Wordwall, Statistika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik Fase E 6 SMA Negeri 1 Tuntang dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT pada materi statistika. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar peserta didik fase E 6 saat Penilaian Tengah Semester. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik fase E 6 SMA Negeri 1 Tuntang tahun pelajaran 2023/2024 dengan 35 peserta didik dengan 17 peserta didik laki – laki dan 18 peserta didik perempuan. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis data secara deskriptif. Hasil analisis penelitian secara deskriptif menggambarkann peningkatan hasil belajar peserta didik Fase E SMA Negeri 1 Tuntang menggunakan model pembelajaran Kooperatig tipe TGT pada materi statistika. Pada siklus I, ketuntasan peserta didik sebanyak 51% (18 peserta didik) dengan rata – rata hasil belajar 68,28,Selain itu, hasil observasi sikap peserta didik pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil 2,91 dengan kategori baik (B). Observasi kinerja guru pada siklus I menunukkan rata-rata 69,69 dengan kategori cukup (C) . Pada siklus II jumlah ketuntasan belajar meningkat menjadi 82,86% (29 peserta didik) dengan rata – rata hasil belajar 86. Observasi sikap peserta didik menunukkan rata-rata 3,25 dengan kategori sangat baik (SB). Observasi kinerja guru menunjukkan rata-rata 81,21 dengan kategori baik (B). Sementara itu, hasil angket respon peserta didik menunjukkan hasil 61,28% dengan predikat “baik” yang berarti peserta didik suka dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran matematika materi statistika. Siklus dihentikan karena indicator keberhasilan penelitian tindakan kelas telah tercapai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 17:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 17:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21179 |
Actions (login required)
View Item |