PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN FLIPBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR

Diamudrika, Eka Safira (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN FLIPBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VEKTOR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Eka Safira Diamudrika 23070200038.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Eka Safira Diamudrika 23070200038.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Eka Safira Diamudrika 23070200038.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Eka Safira Diamudrika 23070200038.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Eka Safira Diamudrika 23070200038.pdf

Download (6MB)

Abstract

Diamudrika, Eka Safira. 2024. Pengembangan E-LKPD Berbantuan Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor. Skripsi, Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD), Berdiferensiasi, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar. Penelitian pengembangan E-LKPD ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-LKPD sebagai media pembelajaran berdiferensiasi berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi vektor yang valid, efektif dan praktis untuk menigkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Karanggede tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Karanggede Fase F-4 Tahun Pelajaran 2023/2024. Instrumen pada penelitian ini berupa angket wawancara guru dan kebutuhan peserta didik, lembar validasi ahli materi dan media, lembar soal Pretest-Posttes, lembar kepraktisan peserta didik dan guru. Analisis data yang dilakukan dalam studi pendahuluan adalah kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis data kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan. Pengumpulan data Analisis uji statistik menggunakan Uji Paired Sample T Test terhadap data yang sebelumnya sudah diuji pra-syarat menggunakan Uji Saphiro-Wilk dan Uji Levine Statistic. Uji kepraktisan E-LKPD diuji melalui respon guru dan peserta didik. Hasil dari penelitian pengembangan ini menunjukkan data untuk validasi produk menghasilkan presentase sebesar 89% dari ahli materi dan 98% dari ahli media dan menghasilkan kategori sangat valid. Hasil analisis perhitungan nilai pretest-posttest terdapat peningkatan sebesar 40,4375. Hasil uji kepraktisan E-LKPD terhadap respon guru menghasilkan presentase sebesar 97,67%, uji kepraktisan peserta didik menghasilkan presentase kepraktisan sebesar 97% atau dapat dikatakan sangat praktis. Dengan demikian, produk E-LKPD berbantuan flipbook sebagai media pembelajaran berdiferensiasi yang dikembangan memiliki kategori valid, efektif dan praktis terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 17:58
Last Modified: 10 Jul 2024 17:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21182

Actions (login required)

View Item View Item