PENGARUH PAJAK, INFRASTRUKTUR, DAN PENERIMAAN APBN TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA DENGAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING TAHUN 2012-2023

Rahmadani, Surya Sahita Putri (2024) PENGARUH PAJAK, INFRASTRUKTUR, DAN PENERIMAAN APBN TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI DI INDONESIA DENGAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERATING TAHUN 2012-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Surya Sahita Putri R_136_Skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Surya Sahita Putri R_136_Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Surya Sahita Putri Rahmadani, 2024. Pengaruh Pajak, Infrastruktur, Dan Penerimaan APBN Terhadap Pembangunan Ekonomi di Indonesia Dengan Kesejahteraan Masyarakat Sebagai Variabel Moderating. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Ekonomi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Iskandar, M.Si. Penelitian ini dilakukan untuk menegtahui dan menganalisis pengaruh Pajak (X1), Infrastruktur (X2), Dan APBN (X3) terhadap Pembangunan Ekonomi (Y) di Indonesia Dengan Kesejahteraan Masyarakat (Z) sebagai variabel moderating. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif karena pendekatan yang dilakukan melalui proses uji hipotesis, analisis data dan menciptakan suatu kesimpulan. Pada penelitian ini merupakan data sekunder berdasarkan data time series yakni dengan data kuartal dari setiap variable dengan periode 2012-2023 yang diolah pada eviews version 10 bersumber dari BPS, DJP, Kemenkeu dan PUPR. Dengan uji yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dan uji asumsi klasik. Berdasarkan uji hipotesis yang didapat, masing masing variable secara persial berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi, dengan hasil variabel X1 berpengaruh positif tidak signifikan, X2 berpengaruh positif signifikan, X3 berpengaruh positif signifikan, Z tidak dapat memoderasi X1 berpengaruh positif tidak signifikan, Z tidak dapat memoderasi X2 berpengaruh negative tidak signifikan semakin melemah, Z tidak dapat memoderasi X3 berpengaruh positif tidak signifikan keduanya semakin melemah, Z memoderasi Y berpengaruh positif signifikan. Kata kunci: Pajak, Infrastruktur, APBN, Pembangunan Ekonomi, Kesejahteraan  Masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 18:00
Last Modified: 10 Jul 2024 18:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21183

Actions (login required)

View Item View Item