EFEKTIVITAS MODEL OPEN ENDED COLLABORATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA MI ISLAMIYAH TANJUNG BOYOLALI

ULFA, MARYANA (2024) EFEKTIVITAS MODEL OPEN ENDED COLLABORATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA MI ISLAMIYAH TANJUNG BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
maryana 12020200028 tesis 24.pdf

Download (4MB)
[img] Text
maryana 12020200028 tesis 24.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ulfa, Maryana. 2024. Efektivitas Model Open Ended Collaboration (OEC) Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Kerja sama Siswa MI Islamiyah Tanjung Boyolali. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Noor Malihah, Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Open Ended Collaboration (OEC) berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar Matematika, untuk menguji efektivitas model Open Ended Collaboration (OEC) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan Kerja sama Matematika dan untuk menguji efektivitas model Open Ended Collaboration (OEC) berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar dan kemampuan Kerja sama Matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok pada siswa kelas V MI Islamiyah Tanjung Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu berbentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswakelas V MI Islamiyah Tanjung, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pada Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat analisis, uji kesamaan rata-rata, uji perbedaan rata-rata dua kelompok berpasangan dan uji hipotesis. Kemudian pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji independent samples t test, dan uji one way anova. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, dapat disimpulkan beberapa hal berikut : 1) Model OEC berbasis etnomatematika materi volume bangun ruang kubus dan balok efektif terhadap hasil belajar Matematika berdasarkan nilai t_hitung > t_tabel (5,357 > 2,000) dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05) serta besar pengaruhnya 90%. 2) Model OEC berbasis etnomatematika materi volume bangun ruang kubus dan balok efektif terhadap kemampuan Kerja sama Matematika berdasarkan nilai t_hitung > t_tabel (5,771 > 2,000) dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05) serta besar pengaruhnya 91%. 3) Model OEC berbasis etnomatematika materi volume bangun ruang kubus dan balok efektif terhadap hasil dan kemampuan Kerja sama Matematika berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci : Hasil Belajar, Kemampuan Kerja sama, Open Ended Collaboration Berbasis Etnomatematika, Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 19:54
Last Modified: 10 Jul 2024 19:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21188

Actions (login required)

View Item View Item