PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SAINS PETASA (PETUALANGAN TATA DAN SURYA BERWAWASAN KEISLAMAN MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hasanah, Vina Anisah Khofifatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME SAINS PETASA (PETUALANGAN TATA DAN SURYA BERWAWASAN KEISLAMAN MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Bismillah Skripsi Sirius 43_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bismillah Skripsi Sirius 43_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bismillah Skripsi Sirius 43_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan pengembangan, karakteristik, kelayakan, serta kepraktisan media pembelajaran game sains PETASA (Petualangan Tata dan Surya) berwawasan keislaman materi sistem tata surya untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII MTs Negeri Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada model pengembangan ADDIE terdapat 5 tahap penelitian. Tahap Analysis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan tentang pengembangan media pembelajaran game sains; Design meliputi rancangan produk baik materi maupun media; Development meliputi pembuatan produk dan validasi; Implementation meliputi uji coba respon siswa dan guru IPA; dan Evaluation meliputi evaluasi dari tahap implementasi yang sudah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Adanya kebutuhan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dan kebutuhan media pembelajaran berwawasan keislaman yang mendukung keterampilan berpikir tingkat tinggi. 2) Bentuk pengembangan media pembelajaran game sains PETASA yaitu terdapat materi yang berwawasan keislaman serta menunjukkan simulasi benda-benda langit, mengandung soal-soal HOTS, dan terdapat permainan petualangan yang menarik bagi siswa. 3) Hasil validasi oleh media memperoleh persentase kelayakan 83,33% dengan kategori layak. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh persentase kelayakan 97,91% dengan kategori sangat layak 4) Hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh persentase 98,21 % dengan kategori sangat praktis dan hasil uji kepraktisan oleh siswa memperoleh persentase 75,5 % dengan kategori praktis. Sehingga dapat diambil kesimpulan media pembelajaran ini praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 20:16
Last Modified: 10 Jul 2024 20:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21192

Actions (login required)

View Item View Item