PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LATAR BELAKANG KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Salatiga)

, KIRANA RAMADHANTI (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LATAR BELAKANG KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KIRANA R - SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KIRANA R - SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KIRANA R - SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KIRANA R - SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KIRANA R - SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi lulusan perguruan tinggi yang banyak memilih menjadi karyawan atau pegawai yang berakibat angka pengangguran dapat bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kewirausahaan dan latar belakang keluarga terhadap minat berwirausaha dengan locus of control sebagai variabel moderasi yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS 23. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif angkatan 2020 – 2022 sebanyak 2.154 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu data mahasiswa yang sudah diseleksi dengan kriteria sesuai dengan penelitian kemudian menggunakan rumus slovin dan didapat sampel sebanyak 100 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode analisis moderasi atau Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari pengujian membuktikan bahwa (1) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara positif signifikan terhadap minat berwirausaha; (2) Latar belakang keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha; (3) Locus of control tidak mampu memoderasi hubungan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha; (4) Locus of control tidak mampu memoderasi hubungan latar belakang keluarga terhadap minat berwirausaha

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 20:43
Last Modified: 10 Jul 2024 20:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21193

Actions (login required)

View Item View Item