ANALISIS MAQASHID ASY-SYARIAH DAN SOSIOLIGI HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN FAKE GPS (Studi Kasus Driver Shopee Food diAmbarawa)

afif, Fahrozi (2024) ANALISIS MAQASHID ASY-SYARIAH DAN SOSIOLIGI HUKUM TERHADAP PENGGUNAAN FAKE GPS (Studi Kasus Driver Shopee Food diAmbarawa). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FAHROZI AFIF BISMILLAH 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FAHROZI AFIF BISMILLAH 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FAHROZI AFIF BISMILLAH 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FAHROZI AFIF BISMILLAH 3.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Afif Fahrozi, Analisis Maqashid Asy-Syariah Dan Sosiologi Hukum Terhadap Penggunaan Fake GPS (Studi Kasus Driver Shopee Food di Ambarawa). Skripsi, Fakultas Syariah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Nur Mifchan Solichin, M. H. Kata kunci: Maqashid Asy-Syariah, Sosiologi Hukum fake GPS, driver Shopee Food Muamalah di era modern seperti sekarang banyak menggunakan media sosial, seperti jual beli online yang memanfaatkan perangkat elektronik dan jaringan internet. Salah satu praktik jual beli online yang banyak digunakan adalah layanan pesan makanan Shopee Food. Satu masalah yang sering terjadi adalah adanya oknum driver Shopee Food yang menggunakan aplikasi Fake GPS sehingga merugikan driver yang lain. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tinjauan Maqashid Asy-Sayriah dan Sosiologi hukum terhadap driver Shopee Food yang menggunakan aplikasi tambahan berupa Fake GPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis empiris, Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif yaitu temuan fakta-fakta penelitian yang dituangkan secara logis dan sistematis kemudian dianalisis dijadikan kesimpulan dari penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Analisis Maqashid AsySyari’ah terhadap penggunaan Fake GPS adalah sebagai berikut: Hifz- Din, bertentangan dengan prinsip keadilan, kejujuran, serta mencederai Agama karena terjadi persaingan usaha yang tidak sehat. Hifz- Nafs, driver pengguna Fake GPS membuat dirinya seolah-olah berada di sekitar restoran padahal dia jauh dari restoran sehingga membahayakan dirinya dan orang lain ketika harus kebut-kebutan di jalan. Hifz-Mal, driver yang tidak menggunakan Fake GPS mengalami penurunan pendapatan harta karena orderan sedikit. Hifz-Aql, ketidakjujuran driver yang menggunakan Fake GPS membawa dirinya ke tujuan yang tidak baik dan merugikan banyak pihak. Hifz-Nasl, pengguna Fake GPS merugikan penghasilan driver lain sehingga berdampak pada kehidupan keluarga driver yang tidak menggunakan Fake GPS. (2) Analisis Sosiologi Hukum terhadap praktik penggunaan Fake GPS adalah sebagai berikut: Penggunaan Fake GPS oleh oknum driver didasari oleh beberapa faktor diantaranya, jumlah target pesanan yang harus diselesaikan, persaingan antar driver dalam mendapat pesanan, ketidakadilan dalam pengiriman, dan juga bonus yang didapatkan jika dapat menyelesaikan jumlah orderan dalam waktu tertentu. Penggunaan Fake GPS ini masih menjadi permasalahan baik antar driver maupun konsumen, hal ini selain merugikan customer dikarenakan bertambahnya waktu pengiriman sebagai dampak manipulasi lokasi oknum driver, juga dapat merugian sesama driver yang bekerja secara jujur dan mengikuti SOP yang berlaku

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 20:44
Last Modified: 10 Jul 2024 20:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21194

Actions (login required)

View Item View Item