IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS X KEPERAWATAN 2 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) BHAKTI NUSANTARA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

rohman, Yazidur (2024) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS X KEPERAWATAN 2 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) BHAKTI NUSANTARA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Yazidur Rohman-23060170050-9-7-24.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Yazidur Rohman (23060170050) Tadris IPA S1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMK Bhakti Nusantara Salatiga.(2) Mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMK Bhakti Nusantara Salatiga di SMK Bhakti Nusantara Salatiga,(3) Menjelaskan upaya yang dilakukan guru untuk menangani kesulitan belajar pada materi pelajaran IPA di SMK Bhakti Nusantara Salatiga. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan sampel peserta didik kelas X keperawatan 2 SMK Bhakti Nusantara Kota Salatiga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar wawancara, lembar angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik pengumpulan data, kondensasi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari identifikasi menunjukkan bahwa keadaan dimana para peserta didik memiliki kemampuan persepsi yang rendah dibuktikan dengan kurangnya pemahaman dalam materi serta merasa media pembelajaran yang kurang. Faktor yang menjadi kesulitan peserta didik adalah kesulitan menyadari sikap sendiri diakibatkan kegelisahan peserta didik yang timbul akibat tidak dapat mengendalikan diri sendiri terhadap perasaan malas. Solusi ataupun perlakuan yang diberikan oleh guru terhadap prilaku peserta didik yang bermasalah yang memunculkan adanya peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan sering memberikan motivasi yang positif dan melakukan proses pembelajaran yang kondusif hal ini bertujuan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 20:45
Last Modified: 10 Jul 2024 20:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21195

Actions (login required)

View Item View Item