ANALISIS BUTIR SOAL MATERI BILANGAN CACAH DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Tias, Eka Wahyuning (2024) ANALISIS BUTIR SOAL MATERI BILANGAN CACAH DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Eka Wahyuning Tias 23040170104 (wisuda).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tyas, Eka Wahyuning. 2024. Analisis Butir Soal Materi Bilangan Cacah dalam kurikulum merdeka Pada Modul Pembelajaran Matematika Untuk kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M. Si. Kata kunci : analisis butir soal, validitas, reabilitas, Tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distraction Penelitian ini bertujuan menganalisis butir soal materi bilangan cacah dalam kurikulum merdeka pada modul pembelajaran matematika untuk kelas V Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif diskriptif. Pengumpuln data dilakukan dengan cara pengumpulan data dilapangan. Analisis butir soal dilakukan pada soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini berupa hasil validitas, reabilitas, Tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distractions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas pada soal seluruhnya valid, Reabilitas latihan soal termasuk dalam reabilitas kategori tinggi. Kualitas butir soal berdasarkan tingkat kesukaran adalah kurang baik. Daya pembeda dalam latihan soal secara keseluruhan kurang baik karena butir soal yang berkategori tidak seimbang dan fungsi distractions terdapat pilihan jawaban siswa yang ditolak sebanyak 5 pilihan jawaban (12,5%), 15 jawaban yang perlu direvisi (37,5%), serta sebaanyak 20 pilihan jawaban yang sudah baik tidak perlu direvisi (50%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 21:10
Last Modified: 10 Jul 2024 21:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item View Item