ANALISIS UU PERKAWINAN NO. 1 TAHUN 1974 (Studi Kasus Keluarga Tanpa Keturunan di Desa Muktisari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen)

Azzahra, Sofia (2024) ANALISIS UU PERKAWINAN NO. 1 TAHUN 1974 (Studi Kasus Keluarga Tanpa Keturunan di Desa Muktisari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Sofia Fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Sofia Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sofia Azzahra. 2024. Analisis UU Perkawinan No. 1 Tahun 1974 (Studi Kasus Keluarga Tanpa Keturunan Di Desa Muktisari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen). Skripsi. Fakultas Syari’ah. Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga (UIN) Salatiga. Pembimbing: Nur Mifchan Solichin, M.H. Kata Kunci: UU No. 1 Tahun 1974, Keluarga Tidak Berketurunan Keluarga yang tidak memiliki keturunan pasti mendambakan keluarga yang harmonis, namun setiap keluarga tidak bisa dipungkiri dengan adanya suatu permasalahan yang mempengaruhi keutuhan dan keharmonisan keluarga, keluarga tidak berketurunan berupaya untuk mempertahankan keharmonisan keluarganya di Desa Muktisari yang ditinjau oleh UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan dalam mempertahankan keharmonisan rumah tangganya. Dengan rumusan masalah yang pertama, bagaimana pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan dalam mengupayakan keharmonisan keluarganya. Kedua, bagaimana tinjauan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan terhadap keharmonisan keluarga tanpa keturunan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Metode pengambilan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa menggunakan metode induksi dan analisis kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 4 pasangan keluarga. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muktisari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian ini menunjukkan keluarga yang tidak berketurunan mengupayakan sebuah keluarga yang utuh dengan membangun keharmonisan keluarga yang kuat. Upaya keluarga yang tidak berketurunan telah sepenuhnya dilakukan dengan semaksimal mungkin, seperti memiliki pondasi agama yang kuat, menjaga komunikasi, memiliki komitmen dan prinsip, saling menghargai dan menerima, pengobatan herbal dan medis, serta pengangkatan anak. Sedangkan upaya keharmonisan keluarga yang tidak berketurunan di Desa Muktisari jika ditinjau dengan UU Perkawinan No. 1 Tahun 1974, memberikan perlindungan hukum yang memadai bagi keluarga yang tidak memiliki keturunan dan memastikan keharmonisan keluarganya dapat dipertahankan meskipun tanpa hadirnya keturunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 21:37
Last Modified: 10 Jul 2024 21:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21201

Actions (login required)

View Item View Item