PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI BUMDES KUWARIRON JAYA DESA KUWARON GUBUG GROBOGAN

Husna, Naila Ahsan Al (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI BUMDES KUWARIRON JAYA DESA KUWARON GUBUG GROBOGAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISIAN AFTER MUNAQOSAH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
REVISIAN AFTER MUNAQOSAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Husna, Naila Ahsan Al. 2024. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pengelolaan Sampah Terpadu dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di BUMDes Kuwariron Jaya Desa Kuwaron Gubug Grobogan. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Win Listyaningrum Arifin, M.A, M.Pd. Kata Kunci: pemberdayaan masyarakat, pengelolaan sampah, kesejahteraan masyarakat Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat melalui program pengelolaan sampah. Mengingat, sampah menjadi masalah sosial yang dihadapi masyarakat. Maka dari itu, lewat program pengelolaan sampah ini bisa menjadi penggerak dan menyadarkan masyarakat untuk bisa memanfaatkan potensi dari masalah sampah. Ada dua pembahasan dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana pelaksanaan pemberdayaan program pengelolaan sampah BUMDes Kuwariron Jaya, serta bagaimana dampak yang dirasakan terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Kuwaron, Gubug, Grobogan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana peneliti memaparkan keadaan objek penelitian secara apa adanya yang berlandaskan pada keadaan saat ini atau fakta lapangan. Data dan sumber data yang digunakan, meliputi data primer yaitu hasil observasi dan wawancara dengan pengurus BUMDes Kuwariron Jaya dan masyarakat Desa Kuwaron, dalam wawancara ini menggunakan teknik wawancara terstruktur. Dan untuk data sekunder yang digunakan meliputi data dari bahan pustaka, arsip, laporan atau pembukuan dan foto-foto kegiatan selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sampah masyarakat Kuwaron sebelumnya masih pada pemahaman kumpul-angkut-buang dan bakar. Proses penyadaran untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat dilakukan bersama dengan tokoh masyarakat setempat dengan melakukan sosialisasi. Dalam pelaksanaan pemberdayaan program pengelolaan sampah BUMDes Kuwariron Jaya melakukan beberapa program kegiatan yakni pengolahan sampah organik menjadi pakan ternak, kreasi daur ulang sampah, rezycology dan pengolahan sampah plastik menjadi BBM. Dengan dampak yang dirasakan terhadap kesejahteraan masyarakat yakni menyerap tenaga kerja bagi masyarakat. Memberi keuntungan rupiah untuk masyarakat sebagai tambahan pemasukan. Masyarakat memiliki sikap pengembangan diri yang baik dengan mengetahui potensi diri dan memanfaatkan potensi sekitar dari permasalahan sampah. Masyarakat memiliki kemauan untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dengan ikut dan sadar untuk bekerja sama menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 21:51
Last Modified: 10 Jul 2024 21:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21205

Actions (login required)

View Item View Item