PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP BUSINESS PERFORMANCE, DENGAN BRAND IMAGE DAN ACCESSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. (Studi Kasus Pada UMKM yang Menggunakan Digital marketing di Salatiga)

Rahayu, Titin (2024) PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP BUSINESS PERFORMANCE, DENGAN BRAND IMAGE DAN ACCESSIBILITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. (Studi Kasus Pada UMKM yang Menggunakan Digital marketing di Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TITIN RAHAYU_63040200128.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TITIN RAHAYU_63040200128.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TITIN RAHAYU_63040200128.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TITIN RAHAYU_63040200128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahayu, Titin. 2024. Pengaruh Digital Marketing terhadap Business Performance dengan Brand Image dan Accessibility sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM yang menggunakan Digital Marketing di Salatiga). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Progam Studi S1- Manajemen Bisnis Syariah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Faqih Nabhan, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing terhadap Business Performance yang dimediasi oleh Brand Image dan Accessibility. Peopulasi dari penelitian ini adalah pelaku UMKM yang telah menggunakan Digital Marketing dalam usahanya di Kota Salatiga sampel sebanyak 150 sampel yang diperoleh menggunakan perhitungan rumus Lemeshow dengan desain pengumpulan data sampel menggunakan purposive sampling dan dengan pencarian data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para pelaku UMKM yang menggunakan Digital Marketing. Data yang telah terkumpul kemudian diolah menggunakan software SmartPLS 3.0 dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Digital Marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Performance, 2) Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image, 3) Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Accessibility, 4) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Performance, 5) Accessibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap Performance, 6) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Business Performance Melalui Brand Image, 7) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Business Performance Melalui Accessibility. Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi Digital Marketing yang digunakankan pelaku UMKM secara langsung dapat meningkatkan performance, berpengaruh positif dan tidak signifikan. Kontribusi dan nilai baru dalam penelitian ini adalah memberikan prespektif baru mengenai Resource Advantage Theory of Competition (RAToC) dan memberikan gambaran lebih lanjut mengenai peran digital marketing terhadap performance. Hal ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM dengan meningkatkan brand image dan accessibility yang tinggi terbukti dapa meningkatkan performance yang baik. Kata kunci: digital marketing, brand image, accessibility, performance

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 22:02
Last Modified: 10 Jul 2024 22:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21206

Actions (login required)

View Item View Item