PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING “PAMUCAM” BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTs

Ulya, Himmatul (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING “PAMUCAM” BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP/MTs. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HIMMATUL ULYA 23060200012 - SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, spesifikasi prototype, kelayakan, dan kepraktisan dari aplikasi mobile learning PAMUCAM berbantuan articulate storyline pada materi unsur, senyawa dan campuran untuk peserta didik kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan empat tahapan yakni 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (develop), dan 4) penyebaran (disseminate). Adapun dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga tahapan yakni define-design-develop. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pada analisis kebutuhan diperlukan suatu sumber belajar yang kreatif dan inovatif sebagai bentuk variasi yang mendukung kegiatan pembelajaran. Persentase sebesar 90% peserta didik membutuhkan bahan belajar yang fleksibel dan mudah dipahami. Spesifikasi prototype produk yang dihasilkan ialah aplikasi pembelajaran berbasis problem based learning dengan materi unsur, senyawa dan campuran yang dapat diakses menggunakan smartphone dengan sistem operasi android. Hasil uji kelayakan produk dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 76,4% dengan kriteria layak, dan 92,5% pada ahli media dengan kriteria sangat layak. Hasil uji kepraktisan oleh pendidik mendapatkan persentase sebesar 82,5% dengan kriteria sangat praktis, dan persentase sebesar 92% oleh peserta didik dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2024 22:21
Last Modified: 10 Jul 2024 22:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21208

Actions (login required)

View Item View Item