PENGUATAN WASATHIYAH ISLAM DALAM PROJEK PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Afif, Muhamad Azka Abdul (2024) PENGUATAN WASATHIYAH ISLAM DALAM PROJEK PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMAD AZKA ABDUL AFIF 23010200056.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK A. Afif, Muhamad Azka. 2024. Penguatan Wasathiyah Islam dalam Projek Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Kurikulum Merdeka di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Muhammad Aji Nugroho, Lc., M.Pd.I. Kata Kunci: Penguatan, Wasathiyah Islam, Profil Pelajar, Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Penguatan Wasathiyah Islam dalam Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin Kurikulum Merdeka di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. 2). Bentuk kegiatan dan strategi penguatan Wasathiyah Islam dalam Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin Kurikulum Merdeka di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. 3). Faktor pendukung dan penghambat penguatan Wasathiyah Islam dalam Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin Kurikulum Merdeka di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru keagamaan, wali kelas, dan siswa MAN 2 Semarang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik dengan tujuan agar mendapatkan data yang benar-benar valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Penguatan Wasathiyah Islam dalam Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin Kurikulum Merdeka di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 dapat meliputi: berpedoman pada hukum Al-Quran dan Hadis, doktrin toleransi dari latar belakang siswa, dan integrasi mata pelajaran. 2). Bentuk kegiatan dan strategi penguatan Wasathiyah Islam dalam Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin Kurikulum Merdeka di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024, bentuk kegiatan melalui: kajian rutin kitab tafsir Al-Ibriz, silaturahmi dengan warga sekitar lingkungan sekolah, program pembinaan karakter siswa dalam jumat sehat, memberi ruang dialog antar siswa, dan kebijakan sekolah. Strategi meliputi: pengembangan karakter dan spiritual siswa, integrasi mata pelajaran, dan menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif. 3). Faktor pendukung dan penghambat penguatan Wasathiyah Islam dalam Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin Kurikulum Merdeka di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024, faktor pendukung meliputi: kerukunan antar siswa, persamaan persepsi kultur keagamaan, suri tauladan guru dan tenaga pendidik, latar belakang kultur siswa dan guru yang sama, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan di luar sekolah. Faktor penghambat meliputi: latar belakang pendidikan dan keluarga yang beragam, sikap eksklusif sebagian siswa, sisi negatif media sosial, dan sikap individualism sebagian siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:33
Last Modified: 11 Jul 2024 01:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21210

Actions (login required)

View Item View Item