EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN APLIKASI PLANTNET (PLANT IDENTIFICATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Krisnanda, Dewi Arum (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN APLIKASI PLANTNET (PLANT IDENTIFICATION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Dewi Arum Krisnanda 23060200046 Skripsi.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup menggunakan model PBL dengan aplikasi PlantNet pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga (2) mengetahui efektivitas model PBL dengan aplikasi PlantNet terhadap hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan metode true experiment dan menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Salatiga. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik SMP Negeri 4 Salatiga kelas VII dengan jumlah 8 kelas dan diambil sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik sama yaitu 32. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, dan lembar observasi keterlaksanaan model sebagai instrumen non tes. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Independent Sample T-Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji Independent Sample T-Test thitung (5,692) > ttabel (1,999) dengan nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05, maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan aplikasi PlantNet efektif terhadap hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Implikasi hasil penelitian ini dapat berfungsi sebagai alternatif bagi guru untuk memberikan pengalaman belajar yang aktif dan menarik dengan mendorong pemecahan masalah secara kolaboratif dan mendorong eksplorasi lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 16:01
Last Modified: 11 Jul 2024 16:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21223

Actions (login required)

View Item View Item