PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA SERBANEKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV A MI AL-ISLAM BRINGINSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sapuro, Rizki (2024) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA SERBANEKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SUMBER DAYA ALAM DALAM KEGIATAN EKONOMI TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS IV A MI AL-ISLAM BRINGINSARI KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RIZKI SAPUTRO 23040180136.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RIZKI SAPUTRO 23040180136.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RIZKI SAPUTRO 23040180136.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI RIZKI SAPUTRO 23040180136.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saputro, Rizki. 2024. Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Serbaneka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV A MI Al-Islam Bringinsari Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2020/2023. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Demonstrasi; Serbaneka; Hasil Belajar; Sumber Daya Alam dalam Kegiatan Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar melalui penerapan metode demonstrasi dengan media serbaneka materi sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi tema selalu berhemat energi kelas IV A MI Al-Islam Bringinsari Kabupaten Kendal pada pembelajaran tema tahun 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang ada di kelas. Langkah-langlah PTK yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A MI Al-Islam Bringinsari yang berjumlah 26 Peserta didik dengan komposisi 11 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan di MI Al-Islam Bringinsari Kabupaten Kendal pada mata pelajaran IPAS sebesar 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode demostrasi dengan media serbaneka dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus I sebanyak 13 peserta didik (50%) yang belum tuntas dan 13 peserta didik (50%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 68. Siklus II sebanyak 23 peserta didik (88,4%) yang tuntas dan 3 peserta didik (12%) yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 79,2. Persentase peningkatan hasil belajar kelas IV A sebesar 38,4%. Penelitian ini berhenti pada siklus II, hal ini disebabkan karena pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu ≥ 85% dari jumlah keseluruhan peserta didik dalam satu kelas mendapat nilai ≥75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 16:32
Last Modified: 11 Jul 2024 16:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21227

Actions (login required)

View Item View Item