Misbah, Muhammad (2018) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Materi Hibah Dengan Metode Reading Guide Pada Siswa Kelas Viii Semester 2 Mts Ma`Arif 2 Blora Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
skripsi asli word.pdf Download (3MB) |
Abstract
Metode Reading Guidedigunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ma`arif 2 Blora. Sebelum metode tersebut digunakan, metode ceramahlah yang digunakan dalam peningkatan hasil Mitaalfira@gmail.com belajar. b. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegunaan dan pengaruh dari metode Reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil belajar Mitaalfira@gmail.com siswa.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma`arif 2 Blora tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Adapun teknis pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Sedangkan pelaksanaan penelitian ini, peneliti melakukan 3 kegiatan yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode Reading Guide dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih materi hibah siswa kelas VIII MTs Ma`arif 2 Blora tahun pelajaran 2016/2017. Ketuntasan siswa pra siklus ada 16 siswa(45,72%) dan siklus I menunjukkan siswa yang tuntas ada 23 siswa(65,72%) dari 35 siswa, sedangkan siklus II ketuntasan siswa ada 34 siswa (97,14%). Prosentase ketuntasan menunjukkan peningkatan pada Pra Siklus prosentase ketuntasan mencapai 45,72%, siklus I presentase nilai tuntas berjumlah 65,72%. Ini menunjukan adanya peningkatan dari Pra Siklus ke Siklus I mencapai 20%. Sedangkan pada siklus II prosentase nilai tuntas terdapat 97,14%. Menunjukkan adanya peningkatan sebanyak 31,42%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 02:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 02:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2123 |
Actions (login required)
View Item |