PENGARUH MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS III SD NEGERI LEDOK 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Khasanah, Zunisfatun (2024) PENGARUH MEDIA PAPAN PINTAR PERKALIAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS III SD NEGERI LEDOK 02 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Zunisfatun Khasanah_23040200053_PGMI B.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Zunisfatun Khasanah_23040200053_PGMI B.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Zunisfatun Khasanah_23040200053_PGMI B.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Zunisfatun Khasanah_23040200053_PGMI B.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Zunisfatun. 2024. Pengaruh Media Papan Pintar Perkalian Terhadap Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas III SD Negeri Ledok 02 Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hesti Ariestina, M.Pd. Kata Kunci : media; perkalian; pengaruh Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media papan pintar perkalian terhadap pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas III SD Negeri Ledok Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian pemahaman konsep perkalian dengan media papan pintar perkalian yakni penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Pengumpulan data melalui test dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji T test dan uji Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan IBM SPSS Statistics Version 29.0.2.0. Hasil uji t test pemahaman konsep perkalian dengan menggunakan media ini diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) <0,001, yang lebih kecil dari 0,05 dengan taraf signifikansi 5% sesuai dengan table uji t. Ini menunjukkan media memiliki pengaruh. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan tingkat signifikansi sebesar <0,001, yang juga lebih kecil dari 0,05 yang menandakan media berpengaruh. Ratarata kelompok eksperimen, yang menggunakan media papan pintar perkalian, mencapai nilai 86,7 sementara kelompok kontrol yang mengandalkan media konvensional mencapai 61,8.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 16:56
Last Modified: 11 Jul 2024 16:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21232

Actions (login required)

View Item View Item