PERAN WARGA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL DAN EMOSIONAL PADA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS 3 DI SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA

Salsabilla, Firda Azhahra (2024) PERAN WARGA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL DAN EMOSIONAL PADA SISWA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) KELAS 3 DI SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIRDA AZHAHRA SALSABILLA 23040200023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FIRDA AZHAHRA SALSABILLA 23040200023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FIRDA AZHAHRA SALSABILLA 23040200023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salsabilla, Firda Azhahra. 2024. Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Sikap Sosial dan Emosional Pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas III SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Drs. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Peran warga sekolah, sikap sosial dan emosional Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk sikap sosial dan emosional serta peran warga sekolah dalam pembentukan sikap sosial dan emosional pada siswa anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Penelitian ini menggunadan metode penelitian kualitatif. Sumber dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara kepala sekolah, guru dan siswa. Sumber sekunder dalam penelitian ini berupa foto-foto kegiatan terkait lingkungan sekolah, buku, profil sekolah, dan penghargaan sekolah. Pengumpulan pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yang pertama mendeskripsikan bentuk sosial pada siswa anak berkebutuhan khsus yaitu tolong menolong, disiplin, tanggung jawab, gotong royong dan berbagi. Yang kedua peran warga sekolah dalam pembentukan sikap sosial dan emosional pada siswa anak berkebutuhan khusus baik dari kepala sekolah, guru, dan siswa menjadi salah satu peran pendukung dalam pembentukan sikap sosial dan emosional siswa anak berkebutuhan khusus. Peran dari kepala sekolah dalam pembentukan sikap sosial dan emosional pada siswa anak berkebutuhan khusus yakni sebagai motivator, manager, dan inovator. Peran guru dalam pembentukan sikap sosial emosional sebagai teladan, sebagai motivator, sebagai pengawas, sebagai penasehat dan sebagai fasilitator. Sedangkan peran teman sebaya dalam pembentukan sikap sosial dan emosional siswa anak berkebutuhan khusus yakni sebagai penasehat, sebagai teladan dan sebagai motivator. Yang ketiga bentuk sikap emosional siswa anak berkebutuhan khusus berupa senang, mengamuk, dan menangis. Dan keempat peran warga sekolah dalam pembentukan sikap sosial dan emosional pada siswa anak berkebutuhan khusus baik dari kepala sekolah, guru, dan siswa menjadi salah satu peran pendukung dalam pembentukan sikap sosial dan emosional siswa anak berkebutuhan khusus. Peran dari kepala sekolah dalam pembentukan sikap sosial dan emosional pada siswa anak berkebutuhan khusus yakni sebagai motivator, manager, dan inovator. Peran guru dalam pembentukan sikap sosial emosional sebagai teladan, sebagai motivator, sebagai pengawas, sebagai penasehat dan sebagai fasilitator. Sedangkan peran teman sebaya dalam pembentukan sikap sosial dan emosional siswa anak berkebutuhan khusus yakni sebagai penasehat, sebagai teladan dan sebagai motivator.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 17:06
Last Modified: 11 Jul 2024 17:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21234

Actions (login required)

View Item View Item