PENGARUH FINANCIAL LITERACY TERHADAP INTEREST IN SAVING MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga)

wardani, Shinta ayu kusuma (2024) PENGARUH FINANCIAL LITERACY TERHADAP INTEREST IN SAVING MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FULL SKRIPSI SHINTA AYU BARU.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI SHINTA AYU BARU.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wardani, Shinta Ayu Kusum Wardani. 2024. Pengaruh Financial Literacy terhadap Interest in Saving Melalui Trust Sebagai Variabel Intervenig pada Bank Umum Syariah (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Biasnis Islam UIN Salatiga). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Faqih Nabhan, M.M Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh financial literacy terhadap interest in saving Melalui Trust Sebagai Variabel Intervenig. Populasi dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Salatiga dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden yang diperoleh dengan teknik purposive sampling, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Salatiga. Data yang telah terkumpul dan diolah menggunakan softwere SPSS versi 25. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan hasil berupa: 1) financial literacy bepengaruh positif dan signifikan terhadap interest in saving, 2) financial literacy bepengaruh positif dan signifikan terhadap trust, 3) trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap interest in saving, 4) financial literacy berpengaruh terhadap interest in saving melalui trust. Penelitian ini menunjukkanbahwa semakin tinggi financial literacy yang dimiliki mahasiswa, maka secara langsung dapat meningkatkan interes in saving, melalui perantara kepercayaan atau Trust. Kontribusi dan nilai baru dalam penelitianini adalah memberikan perspektif baru dalam hal Theory of Planned Behavior (TPB), serta memberikan gambaran lebih lanjut mengenai financial literacy terhadap interest in saving. Dalam hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatnya interest in saving yang tinggi terbuti dapat meningkatkan kepercayaan yang dimiliki mahasiswa untuk menabung di bank syariah. Kata kunci: financial literacy, interest in saving, trust

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 17:50
Last Modified: 11 Jul 2024 17:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21240

Actions (login required)

View Item View Item