EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIMES GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA DART BOARD PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF GRABAG 2TAHUN PELAJARAN 2023/2024

fatkhurrohman, Muhammad (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIMES GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA DART BOARD PADA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF GRABAG 2TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS LENGKAP M.Fatkhurrohman full fiks new.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS LENGKAP M.Fatkhurrohman full fiks new.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS LENGKAP M.Fatkhurrohman full fiks new.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS LENGKAP M.Fatkhurrohman full fiks new.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS LENGKAP M.Fatkhurrohman full fiks new.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fatkhurrohman, Muhammad. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Games Tournament (TGT) Dengan Media Dart Board Pada Materi Zat Tunggal Dan Campuran Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas V Di MI Ma’arif Grabag 2 Tahun Pelajaran 2023/2024. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2024. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Times Games Tournament (TGT) dengan media dart board terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa materi zat tunggal dan campuran pada siswa kelas V di MI Ma’arif Grabag 2 Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian True Experimental Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB MI Ma’arif Grabag 2 yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda dan angket. Metode pengumpulan data pada soal tes dilakukan dengan pre-test dan post-test soal yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Sedangkan keaktifan siswa dilakukan dengan pre-test dan post-test angket yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji One Way Annova. Hasil penelitian ini yang telah dilakukan peneliti adalah (1) Penggunaan model TGT dengan media dart board pada materi zat tunggal dan campuran dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol dilihat dari nilai rata-rata di kelas eksperimen sebesar 78,66 dan nilai rata-rata di kelas kontrol adalah 74,33. (2) Penggunaan model TGT dengan media dart board dapat meningkatkan keaktifan siswa dilihat dari skor angket pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 60 dan rata-rata skor angket pada kelas kontrol adalah 55,93. (3) Penggunaan model TGT dengan media dart board pada materi zat tunggal dan campuran efektif terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas V di MI Ma’arif Grabag 2. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji One Way Annova diperoleh nilai signifikansi hasil belajar dan keaktifan siswa masing-masing sebesar 0,040 dan 0,000. Artinya nilai signifikansi < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya model TGT dengan media dart board efektif terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 18:04
Last Modified: 11 Jul 2024 18:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21244

Actions (login required)

View Item View Item