PENGARUH CAR, NPF, BOPO DAN INFLASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH 2019-2023

, PUTRI AWALINDA RIZQIYANA ZAINUN (2024) PENGARUH CAR, NPF, BOPO DAN INFLASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH 2019-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AKHIR PUTRI AWALINDA R.Z 63010170295.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AKHIR PUTRI AWALINDA R.Z 63010170295.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rizqiyana Zainun, P. A. 2024. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Perfoming Financing (NPF), Operating Expense to Operating Income (BOPO), dan Inflasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Periode 2019- 2023. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S-1 Perbankan Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Ahmad Mifdlol Muthohar, Lc., M.SI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh capital adequacy ratio, non perfoming financing, operating expense to operating income, dan inflasi terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. CAR, NPF, BOPO, dan inflasi sebagai variabel independen. Nilai perusahaan price to book value (PBV) sebagai variabel dependen. Profitabilitas return on asset (ROA) sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan teori dasar yaitu teori keagenan. Penelitian ini menggunkan data sekunder yang diperoleh dari Bank Umum Syariah (BUS), dan Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2023. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan penelitian ini sebanyak 12 perusahaan.. Metode analisi yang digunakan adalah uji deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi, uji asumsi klasik, uji path analysis, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CAR, NPF BOPO, Inflasi, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. CAR dan Inflasi tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Sedangkan NPF dan BOPO berpengaruh terhadap profitabilitas. Setelah dilakukan uji path analysis dan uji sobel, variabel profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh CAR, NPF, BOPO, dan Inflasi terhadap Nilai Perusahaan. Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio, Non Perfoming Financing, Operating Expense to Operating Income, Nilai Perusahaan dan Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 18:09
Last Modified: 11 Jul 2024 18:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21246

Actions (login required)

View Item View Item