IMPLEMENTASI KEWAJIBAN ORANG TUA NARAPIDANA TERHADAP ANAK ( Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kota Salatiga )

budiman, Arif (2024) IMPLEMENTASI KEWAJIBAN ORANG TUA NARAPIDANA TERHADAP ANAK ( Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kota Salatiga ). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Arif Budiman.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arif Budiman.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arif Budiman.pdf

Download (2MB)

Abstract

Budiman, Arif. (2024). Implementasi Kewajiban Orang Tua Narapidana Terhadap Anak (Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kota Salatiga). Skripsi, Fakultas Syari’ah Jurusan Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: M. Yusuf Khummaini, S.H.I., M.H. Kata Kunci: Implementasi ,Kewajiban , Narapidana Penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana kontribusi kewajiban terhadap anak dari seorang ayah atau ibu yang berstatus sebagai narapidana. Beberapa pertanyaan dalam penelitian ini antara lain adalah: (1) Bagaimana kewajiban ayah narapidana terhadap anak di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kota Salatiga? (2) Bagaimana kewajiban ibu narapidana terhadap anak di Rumah Tahanan Negara kelas II B Salatiga ? (3) Bagaiamana Penerapan Kewajiban dari ayah dan ibu narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Salatiga perspektif perundang-undangan ? Metode yang digunakan oleh penulis adalah Observasi dan Wawancara . penulis langsung terjun ke lapangan/ Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kota Salatiga , lalu penulis mengambil 4 narapidana untuk dijadikan sebagai sumber informasi atau narasumber yang akan diwawancara . Dari penelitian yang dilakukan terhadap beberapa narapidana di Rumah Tahanan, Bentuk pemenuhan pengasuhan orang tua narapidana terhadap anaknya pada dasarnya narapidana tetap melakukan kewajiban untuk mengasuh anaknya dalam pendidikan moral dan ekonomi. akan tetapi berbeda dengan pengasuhan yang dilakukan orang tua pada umumnya . hal tersebut dikarenakan keterbatasan komunikasi antara anak dengan orang tuanya yang disebabkan oleh status orang tua sebagai narapidana. Dalam Pemenuhan pengasuhan tersebut dilakukan dengan cara berkomunikasi melalui kunjungan setiap minggunnya dan fasilitas wartel di rutan. Di setiap kunjungan atau video call di wartel terebut seorang narapidana mempercayakan pengasuhan anaknya secara kontak langsung dan memberikan pengarahan kepada istri, anak tertua serta kerabat yang berada dirumah atau satu wilayah dengan anaknya .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 18:34
Last Modified: 11 Jul 2024 18:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item