ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Hidayati, Maulida (2024) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Maulida Hidayati_compressed.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Maulida Hidayati_compressed.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hidayati, Maulida. 2024. Analisis Buku Teks Matematika Kelas VII Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Pendekatan Konstruktivisme. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Buku Teks Matematika; Kurikulum Merdeka; Pendekatan Konstruktivisme Buku teks matematika kurikulum merdeka merupakan sumber belajar mata pelajaran matematika yang diterbitkan oleh Kemendikbud sebagai pegangan peserta didik kelas VII yang bertujuan membantu proses belajar matematika berdasarkan kurikulum Merdeka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji kesesuaian buku teks matematika kelas VII kurikulum merdeka ditinjau dari pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tabel kesesuaian karakteristik pendekatan konstruktivisme pada buku teks matematika kurikulum merdeka. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer (buku teks matematika kelas VII kurikulum merdeka semester I yang diterbitkan oleh Kemendikbud) dan sumber data sekunder (jurnal, buku, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan). Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data content analysis atau pengkajian isi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks matematika kelas VII kurikulum merdeka telah disajikan sesuai dengan karakteristik pendekatan konstruktivisme. Hal tersebut terdapat pada adanya kegiatan konstruktivisme (menyediakan rangsangan/stimulasi, kegiatan menghubungkan pengetahuan baru dengan pengalaman lama, interaksi antarpeserta didik dengan peserta didik dan guru, serta jenis tugas yang diberikan merupakan tugas kompleks, berbasis masalah dan kontekstual).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 18:54
Last Modified: 11 Jul 2024 18:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21256

Actions (login required)

View Item View Item