EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GIRIMARTO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2023/2024

Ulfa, Anisa Firdaus (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GIRIMARTO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
1 SKRIPSI ANISA FIRDAUS ULFA FIXX.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1 SKRIPSI ANISA FIRDAUS ULFA FIXX.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1 SKRIPSI ANISA FIRDAUS ULFA FIXX.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1 SKRIPSI ANISA FIRDAUS ULFA FIXX.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1 SKRIPSI ANISA FIRDAUS ULFA FIXX.pdf

Download (6MB)
[img] Text
1 SKRIPSI ANISA FIRDAUS ULFA FIXX.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ulfa, Anisa Firdaus. 2024. Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto Wonogiri Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Enika Wulandari, M.Pd. Kata kunci : efektivitas, Problem Based Learning, Literasi Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ke-efektif-an model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis quasi eksperimen, menggunakanpretest-posttest control group design. Seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Girimarto menjadi populasi penelitian. Teknik clustered random sampling dipilih untuk menentukan sampel dan diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Tes, angket respon dan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan menggunakan uji N-Gain Score dan uji t-Test Independen. Hasil pengujian prasyarat menunjukkan bahwa data bersifat homogen dan berdistribusi normal, jadi pengujian hipotesis dapat dilanjutkan. Melalui uji N-Gain Score diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 64,48 dan pada kelas kontrol sebesar 49,18. Hal ini dapat diartikan bahwa peningkatan yang lebih tinggi berada dikelas eksperimen. Selanjutnyauji independent t-Test dengan pengambilan keputusan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata kemampuan literasi matematis siswa pada kedua kelas berbeda. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang dibasiskan pada masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam matematika.Penyebaran angket, mendapatkan hasil bahwa model problem based learning diterima baik oleh siswa, seperti yang ditunjukkan hasil ngket sebesar 80,17. Model problem based learning juga membantu siswa terlibat aktif dengan hasil 72,9% dimana kriteria keberhasilan aktivitas siswa sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 18:57
Last Modified: 11 Jul 2024 18:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21257

Actions (login required)

View Item View Item