PENGARUH ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP PROFITABILITY RATIO DENGAN NON PERFORMING FINANCING SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2019-2023

PUTRIANA, FADIA (2024) PENGARUH ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX TERHADAP PROFITABILITY RATIO DENGAN NON PERFORMING FINANCING SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2019-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Lengkap Fadia Putriana.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Lengkap Fadia Putriana.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putriana, Fadia. 2024. “Pengaruh Islamicity Performance Index terhadap Profitability Ratio dengan Non Performing Financing sebagai Variabel Moderasi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2019-2023”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Progam Studi S-1 Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Rifda Nabila, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Islamicity Performance Index terhadap Profitability Ratio dengan Non Performing Financing sebagai variabel moderasi pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2019-2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Moderated Regression Analysis (MRA) sebagai alat analisis data. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 13 Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penelitian ini mengguakan data sekunder berbentuk data panel dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan pada website resmi masing masing bank. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan software Eviews versi 10. Hasil uji T menunjukkan bahwa Profit Sharing Ratio, Equitable Distribution Ratio, Islamic Income Ratio, dan Non Performing Financing secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sementara itu, hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan, Profit Sharing Ratio, Equitable Distribution Ratio, Islamic Income Ratio, dan Non Performing Financing berpengaruh terhadap profitabilitas. Hasil uji moderasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa Non Performing Financing mampu memoderasi pengaruh Equitable Distribution Ratio dan Islamic Income Ratio terhadap profitabilitas, tetapi Non Performing Financing tidak mampu memoderasi pengaruh Profit Sharing Ratio terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Islamicity Performance Index, Profitabilitas, Non Performing Financing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 19:47
Last Modified: 11 Jul 2024 19:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21260

Actions (login required)

View Item View Item