PEMBINAAN SIKAP KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NUR MUHAMMAD WIYONO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG

Lutfiyati, Khanifatun (2024) PEMBINAAN SIKAP KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEMANDIRIAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NUR MUHAMMAD WIYONO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KHANIFATUN LUTFIYATI 23010170278-4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KHANIFATUN LUTFIYATI 23010170278-4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KHANIFATUN LUTFIYATI 23010170278-4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KHANIFATUN LUTFIYATI 23010170278-4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KHANIFATUN LUTFIYATI 23010170278-4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KHANIFATUN LUTFIYATI 23010170278-4.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lutfiyati, Khanifatun. 2024. Pembinaan Sikap Kedisiplinan Beribadah dan Kemandirian pada Santri di Pondok Pesantren Nur Muhammad Wiyono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M. Pd. Kata Kunci: Pembinaan, Sikap Kedisiplinan Beribadah, dan Kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pembinaan sikap kedisiplinan beribadah pada santri di Pondok Pesantren Nur Muhammad Wiyono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang 2) pembinaan kemandirian pada santri di Pondok Pesantren Nur Muhammad Wiyono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang 3) faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap kedisiplinan beribadah dan kemandirian pada santri di Pondok Pesantren Nur Muhammad Wiyono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Metode penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembinaan sikap kedisiplinan beribadah pada santri di Pondok Pesantren Nur Muhammad Wiyono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang dilaksanakan dengan adanya peraturan, konsisten terhadap peraturan melalui pembiasaan keteladanan pengawasan dan nasihat, hukuman, penghargaan, dan melalui kegiatan rutin meliputi salat lima waktu berjamaah, salat tahajud, salat dhuha, membaca Al Qur’an, berdzikir dan bersholawat, membaca Asmaul Husna dan Yasin, dan bershodaqoh. 2) pembinaan kemandirian santri di Pondok Pesantren Nur Muhammad Wiyono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang dilaksanakan dengan mencakup aspek emosi, aspek ekonomi, aspek intelektual, dan aspek sosial. 3) faktor pendukung pembinaan sikap kedisiplinan beribadah dan kemandirian santri di Pondok Pesantren Nur Muhammad Wiyono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang yaitu adanya peraturan dan hukuman, peran pengurus, jauh dari pengasuhan orang tua, pertemanan, dan lingkungan pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu adanya rasa malas, pertemanan, kurangnya tenaga pengajar dan fasilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 20:15
Last Modified: 11 Jul 2024 20:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21267

Actions (login required)

View Item View Item