Pola Pembinaan dan Penilaian Supervisor Terhadap Kinerja Guru PAI SD Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran (Studi Kasus Guru PAI SD Se-Kota Magelang Tahun 2017)

Solikhah, Nur (2018) Pola Pembinaan dan Penilaian Supervisor Terhadap Kinerja Guru PAI SD Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran (Studi Kasus Guru PAI SD Se-Kota Magelang Tahun 2017). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan supervisor terhadap guru PAI, cara supervisor dalam menilai kinerja guru PAI SD, dan metode pembelajaran yang dipakai oleh guru PAI SD di Kota Magelang pada tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk penelitian dengan pendekatan Deskriptif Naturalistik karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi alamiah (Natural Setting). Populasi penelitian ini adalah 3 orang pengawas PAI SD yang ada di Kota Magelang dan guru PAI se-Kota Magelang dengan jumlah sampel penelitian 35 orang guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pola pembinaan supervisor kepada guru PAI SD di Kota Magelang tahun 2017 sudah menunjukkan langkah-langkah yang tepat, supervisor telah merancang program pembinaan dengan membuat program tahunan, program semester, dan Rencana Kegiatan Akademik (RKA), kemudian melaksanakan pembinaan secara rutin kepada guru PAI SD di Kota Magelang lewat KKG. (2) Penilaian supervisor terhadap kinerja guru SD di Kota Magelang tahun 2017 sudah secara rutin dilakukan lewat supervisi akademik setiap satu semester sekali yang pelaksanaannya mengacu pada program yang sudah dibuat dan sudah sesuai dengan standar baku yang ditetapkan oleh pemerintah. (3) Penerapan metode pembelajaran oleh guru PAI SD di Kota Magelang pada tahun 2017 sudah bervariasi, para guru sudah banyak yang menggunakan pengembangan metode pembelajaran, diantaranya Make A Match, Tutor Sebaya, Warung Ilmu, Problem Solving, Quis Jeo Pardi, Roll Play, Talking Stick, Mind Map, Number Together, Crossword Puzzle, Interactif Lecture, Jigsaw, dan Shortcard. Hal ini karena efek dari pembinaan dan penilaian yang secara rutin dilakukan oleh pengawas PAI SD. Kata kunci: Pola pembinaan; penilaian kinerja guru; metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jan 2018 03:08
Last Modified: 16 Jan 2018 03:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item