PEMBIASAAN SHALAT ZUHUR BERJAMAAH DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK DI TK IT NIDAUL HIKMAH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

Ramadhani, Destya Putri (2024) PEMBIASAAN SHALAT ZUHUR BERJAMAAH DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK DI TK IT NIDAUL HIKMAH KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Destya.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Destya.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiasaan shalat zuhur berjamaah dalam mengembangkan kedisiplinan anak, untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi dalam mengembangkan kedisiplinan anak, serta untuk mengetahui mengembangkan kedisiplinan anak dengan pembiasaan shalat zuhur berjamaah di TK IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas B, dan siswa B TK IT Nidaul Hikmah. Terdapat pula sumber data sekunder berupa sejarah sekolah, lokasi sekolah, visi dan misi, tujuan sekolah, daftar guru dan sarana prasarana, serta data terkait penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan shalat zuhur berjamaah dalam pembiasaan shalat zuhur berjamaah dalam mengembangkan kedisiplinan anak di TK IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024 meliputi hal-hal sebelum pelaksanakan shalat. Adapun bentuk pelaksanaan shalat berjamaah yaitu wudhu, adzan shalat dan lain sebagainya. Pelaksanaan tersebut sudah terjadwal dan sudah bergilir. 2) Kesulitan yang dihadapi dalam mengembangkan kedisiplinan anak tergantung pada suasana hati anak. Ketika ada anak yang tidak semangat biasanya dibujuk terlebih dahulu, setidaknya tidak menggangu teman yang lain. 3) Mengembangkan kedisiplinan anak dalam pembiasaan shalat zuhur berjamaah yaitu dengan memberi contoh, dan diberi teladan oleh pendidik, sehingga dapat dicermati dan di praktikkan dengan baik. Perilaku yang dilakukan dengan terbiasa juga lama-kelamaan akan menjadi pembiasaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 20:21
Last Modified: 11 Jul 2024 20:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21270

Actions (login required)

View Item View Item