KETAHANAN KELUARGA PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MENIKAH DI BAWAH UMUR SEBAB HAMIL DI LUAR NIKAH PERSPEKTIF TEORI KETAHANAN KELUARGA (Studi Kasus Di Desa Bejen Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung)

, Dwi kartika (2024) KETAHANAN KELUARGA PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MENIKAH DI BAWAH UMUR SEBAB HAMIL DI LUAR NIKAH PERSPEKTIF TEORI KETAHANAN KELUARGA (Studi Kasus Di Desa Bejen Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI SKRIPSIIIII new Dwi Kartika.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di Desa Bejen Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung ada sepuluh kasus mengenai pasangan suami istri yang menikah di bawah umur sebab hamil di luar nikah yang pastinya ada masalah (problem) dalam menghadapi situasi berkeluarga. Peneliti menelaah ketahanan keluarga pasangan suami istri tersebut jika di tinjau oleh Teori Ketahanan Keluarga tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui gambaran ketahanan pasangan suami isteri yang menikah di bawah umur sebab hamil di luar nikah dan untuk mengetahui ketahanan keluarga pasangan suami isteri yang menikah di bawah umur sebab hamil di luar nikah di Desa Bejen perspektif Teori Ketahanan Keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang sifatnya kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer yang diperoleh dari 5 (lima) pasangan suami isteri yang menikah di bawah umur sebab hamil di luar nikah di Desa Bejen, Data sekunder yang diperoleh dari jurnal, buku, tesis, skripsi, peraturan perundang-undangan dan dokumen yang berkaitan dengan obyek penelitian. Analisis data menggunakan metode deskripsi analitik yaitu menggambarkan semua aspek yang ada. Hasil penelitian ini yaitu ketahanan keluarga pasangan suami isteri yang menikah di bawah umur sebab hamil di luar nikah di Desa Bejen Kecamatan Bejen Kabupaten temanggung sangat beragam, yang memenuhi aspek ketahanan ekonomi pasangan A dan B, C dan D, dan I dan J, yang memenuhi aspek ketahanan fisik pasangan C dan D, E dan F, G dan H, yang memenuhi aspek ketahanan psikologis hanya pasangan I dan J, yang memenuhi aspek ketahanan spiritual hanya pasangan E dan F, dan dalam aspek ketahanan sosial kelima responden atau kelima pasangan suami istri terpenuhi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 20:22
Last Modified: 11 Jul 2024 20:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item