PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG DENGAN MEDIA TABEL SATUAN PANJANG (TASAPA) KELAS IV SEMESTER 2 DI MI BUSTANUL MUATA'ALIMIIN BEJATEN KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

GUNANTO, MUHAMMAD SAPTO AJI (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG DENGAN MEDIA TABEL SATUAN PANJANG (TASAPA) KELAS IV SEMESTER 2 DI MI BUSTANUL MUATA'ALIMIIN BEJATEN KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi aji selesai.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Gunanto, Muhammad Sapto Aji. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang Dengan Menggunakan Tabel Satuan Panjang TASAPA Kelas IV Di MI Bustanul Mutaalimin Bejaten Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M. Si. Kata Kunci: Peningkatan, hasil belajar, media tabel satuan Panjang (Tasapa) Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media tabel satuan Panjang (Tasapa) di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Teknik yang digunakan yaitu tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas IV MI Bustanul Muta’alimin Bejaten yang terdiri dari 13. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu jika nilai rata-rata kelas mencapai KKM ≥ 70. Berdasarkan rata-rata hasil belajar pada prasiklus diperoleh ketuntasan belajar sebesar 6 peserta didik dengan presentase 50%, pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 8 peserta didik dengan presentase 67%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan pesentase 92% dengan jumlah ketuntasan belajar sebanyak 12 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media tabel satuan panjang (Tasapa) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kesimpulan penelitian ini bahwa strategi Saintifik dan media tabel TASAPA mampu meningkatkan hasil belajar materi satuan Panjang pada kelas 4 MI Bustanul Muta’alimin Bejaten tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 21:03
Last Modified: 11 Jul 2024 21:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21281

Actions (login required)

View Item View Item