MEREDUKSI STRES DENGAN METODE MUSIK RELAKSASI DAN DZIKIR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DISEKOLAH

pratama, adim kurnia gusti (2024) MEREDUKSI STRES DENGAN METODE MUSIK RELAKSASI DAN DZIKIR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DISEKOLAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ADIM KURNIA GUSTI PRATAMA 23080170014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ADIM KURNIA GUSTI PRATAMA 23080170014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adim Kurnia Gusti Pratama, 23080170017. Mereduksi Stres dengan Metode Musik Relaksasi dan Dzikir serta Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di Madrasah. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M. Pd. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok , Stres, Mereduksi, Musik Dzikir. Penelitian skripsi ini bertujuan agar supaya efek musik relaksasi dan dzikir berpengaruh dalam mereduksi stres dan ada implikasinya terhadap layanan bimbingan dan konseling dimadrasah serta berpengaruh terhadap proses pelaksanaan praktik bimbingan konseling disekolah. Salah satu pendekatan yang menarik adalah menggunakan musik dzikir sebagai alat untuk mereduksi stres. Mereduksi stres dengan musik relaksasi dan dzikir berdampak dalam mereduksi stres dan memiliki potensi besar untuk diterapkan dalam konteks layanan bimbingan konseling di Madrasah. Langkah-langkah selanjutnya dapat mencakup pengembangan program intervensi yang lebih terstruktur dan penelitian lanjutan untuk mengevaluasi jangkauan penggunaan metode ini dalam konteks pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian library riset, mengemukakan penelitian kepustakaan sebagai kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode/teknik tertentu guna mencari jawaban atas permasalahan yang dihadapi melalui penelitian kepustakaan. Studi ini menginvestigasi efek musik relaksasi dan dzikir terhadap stres dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur ilmiah. Musik dan dzikir, yang biasanya terdiri dari pengulangan nama-nama Tuhan atau pujian-pujian spiritual dalam berbagai tradisi agama, telah terbukti memiliki dampak positif terhadap kesejahteraan psikologis. Penggunaan musik dzikir dikaitkan dengan penurunan tingkat kortisol, hormon stres dalam tubuh, serta peningkatan pada mood yang positif dan perasaan relaksasi. Hasil dari riset ini memaparkan bahwa orang yang intens melakukan relaksasi musik dzikir, maka stres yang dialaminya akan berkurang. Atau dengan kata lain siswa yang masih mengalami stres berarti tidak intens melakukan relaksasi musik dan dzikir.Integrasi musik dzikir dalam rutinitas harian atau dalam sesi terapi dapat menjadi strategi efektif untuk mempromosikan kesehatan mental yang positif. Implikasi praktis dari temuan ini dapat membantu individu-individu dalam menghadapi tantangan stres dengan cara yang lebih berkelanjutan dan berarti. Implikasi penelitian ini terhadap layanan bimbingan konseling di Madrasah adalah pentingnya memperkenalkan dan memanfaatkan metode musik dzikir sebagai salah satu strategi intervensi untuk membantu siswa mengelola stres. Selain itu, pendekatan ini juga dapat memperkaya praktik konseling dengan memasukkan elemen keagamaan yang sesuai dengan konteks Madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 21:14
Last Modified: 11 Jul 2024 21:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21283

Actions (login required)

View Item View Item