, Nafisatun Khasanah (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI WAKTU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA JAM PADA SISWA KELAS II MIS MA’ARIF NGAMPELDENTO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
23040170096 NAFISATUN KHASANAH..pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Khasanah, Nafisatun. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Waktu dengan Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) menggunakan Alat Peraga Jam pada Siswa Kelas II MIS Ma’arif Ngampeldento tahun ajaran 2023/2024. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Guru Madrdsasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata kunci: Hasi; Belajar, Matematika, Waktu, Model Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division), Alat Peraga jam Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi waktu dengan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) menggunakan alat peraga jam pada siswa kelas II MIS Ma’arif Ngampeldento tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dapat peneliti selesaikan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Terdapat 4 teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara, soal tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan menggunakan batas keberhasilan klasikal sebesar 85% dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Matematika materi waktu dengan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) menggunakan alat peraga jam pada siswa kelas II MIS Ma’arif Ngampeldento tahun ajaran 2023/2024. Dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dan peningkatan persentase belajar siswa pada setiap siklus. Nilai rata-rata meningkat dari pra siklus 51,47, kemudian siklus I menjadi 70,59, dan siklus II meningkat menjadi 81,76. Sedangkan persentase ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus 41% dengan sebanyak 7 siswa tuntas, kemudian siklus I menjadi 65% dengan sebanyak 11 siswa tuntas, dan siklus II meningkat menjadi 88% dengan sebanyak 15 siswa tuntas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 21:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 21:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21284 |
Actions (login required)
View Item |