PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI PLUS SUNAN GUNUNG JATI PLUMBON TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dediarifandi, (2024) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI PLUS SUNAN GUNUNG JATI PLUMBON TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Muhammad Fachri Ardiyanto.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI Muhammad Fachri Ardiyanto.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ardiyanto, Muhammad fachri. 2024. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Plus Sunan Gunung Jati Plumbon Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan: Pembimbing Dr. Peni Susapsi, M.Si. Kata kunci: bimbingan belajar, pengaruh bimbingan belajar, hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dengan hasil belajar matematika di MI Plus Sunan Gunung Jati Plumbon Masalah yang diungkap adalah bagaimana pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV MI Plus Sunan Gunung Jati Plumbon Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan sumber data primer. Sumber data ini diperoleh dengan metode angket dan metode test sedangkan metode test dibagi menjadi 2 yaitu Pre test dan Post test dengan subjek penelitian ini sebanyak 20 responden dari keseluruhan siswa kelas IV MI Plus Sunan Gunung Jati Plumbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persentase hasil belajar siswa sebelum bimbingan belajar sebesar 60%, sedangkan setelah bimbingan sebesar 80%. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa siswa meningkat setelah mengikuti bimbingan belajar. Uji F membuktikan bahwa F hitung > F tabel atau 35,06 > 17,1 yang berarti Ho ditolak dan Ho diterima. Penelitian ini menunjukan adanya pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yang menerima bimbingan belajar mata Pelajaran matemati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2024 22:08
Last Modified: 11 Jul 2024 22:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21289

Actions (login required)

View Item View Item