EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII MTS Al-MANAR, BENER, TENGARAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023

ROSYIDA, ANISAUR (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLIP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII MTS Al-MANAR, BENER, TENGARAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Annisaur Rosyida FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Annisaur Rosyida FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Annisaur Rosyida FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Annisaur Rosyida FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Annisaur Rosyida FIX.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Annisaur Rosyida FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rosyida, Annisaur. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Menggunakan Media Flip Book Terhadap Hasil Belajar Materi Tata Surya Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Manar, Bener, Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Evektifitas, media pembelajaran, Model Group Investigation dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui keefektivitasan media pembelajaran flip book model Group Invrstigation terhadap hasi belajar IPA materi tata surya. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs Al-Manar tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi exsperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas VII B sebagai kelas control dengan menggunakan media buku paket dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran Flip Book. Teknik pengumpulan data dengan tes berupa soal pilihan ganda dan metode pengambilan data dilakukan pretest-posttest soal, yang telah di uji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan daya pembeda soal. Adapun teknik analisis data penelitian adalah dengan uji t-test menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai thitung (-19,492) > ttabel (1,684) dan P Value (0,000) < 0,05, maka hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA dengan menggunakan media flip book efektif terhadap hasil belajar IPA materi tata surya di MTs Al-Manar, Bener, Tengaran, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:20
Last Modified: 12 Jul 2024 06:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21296

Actions (login required)

View Item View Item