ETIKA KOMUNIKASI PEREMPUAN PADA LAKI-LAKI (Analisis Tafsir KH. Ahmad Bahauddin Nursalim di YouTube)

HENTRIANINGSIH, PUPUT (2024) ETIKA KOMUNIKASI PEREMPUAN PADA LAKI-LAKI (Analisis Tafsir KH. Ahmad Bahauddin Nursalim di YouTube). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Puput Hentrianingsih (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Puput Hentrianingsih (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Etika Komunikasi Perempuan Pada Laki- laki (Analisis Tafsir KH. Ahmad Bahauddin Nursalim di YouTube)” adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran Tafsir KH. Ahmad Bahauddin Nursalim terhadap QS. Al-Ahzab ayat 32 di YouTube dan untuk mengetahui respon penafsiran KH. Ahmad Bahauddin Nursalim terkait Etika komunikasi Perempuan pada Laki-Laki di YouTube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analistis, yang mana termasuk jenis penelitian kualitatif dalam bentuk kajian kepustakaan (library research). Adapun objek penelitian ini adalah KH. Ahmad Bahauddin Nursalim sebagai tokoh mufasir yang aktif menyampaikan penafsiran Kajian Al-Qur’an. Kemudian jika ditinjau secara khusus, Gus baha membaca dan menjelaskan tafsir al-Jalalain, yang mana lebih cenderung kepada metode Ijmali (Global) dan menggunakan corak tafsir Adabi al-ijtima’i. Sehingga pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penafsiran KH. Ahmad Bahauddin Nursalim terhadap QS. Al- Ahzab ayat 32 di YouTube dan bagaimana respon penafsiran KH. Ahmad Bahauddin Nursalim terkait Etika komunikasi Perempuan pada Laki-Laki di YouTube. Dari penelitian ini ditemukan bahwa, ilmu itu harus lebih tinggi dibanding adab (akhlak), sebab jika adab (akhlak) lebih tinggi maka akan kacau karena butuh porsi ilmu. Seperti halnya Istrinya Nabi tidak boleh bicara lirih kepada laki-laki yang bukan muhrim, tidak pernah bertemu bahkan tidak mengenal maka harus menerapkan sikap acuh dengan tujuan menjaga diri. Selain itu, kajian tafsir Al-Qur’an Gus Baha mampu memberikan respon audiensi di channel Youtube Gayeng Santri yang didasarkan pada beberapa aspek seperti pengetahuan, tataran emosional, pemahaman dan perubahan perilaku dengan dikategorikan menjadi tiga dimensi teori komunikasi massa yaitu kognitif, afektif, dan behavioral. Kata Kunci: Etika, Tafsir, Youtube.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 15:27
Last Modified: 12 Jul 2024 15:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21300

Actions (login required)

View Item View Item