PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRASAK BOYOLALI

, Fitriya puri asmawati (2024) PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KRASAK BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi puri fikssss - PRIN YAA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1)untuk mengetahui pengaruh pendidikan orang tua pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Krasak Boyolali. (2) untuk menegtahui motivasi belajar pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Krasak Boyolali. (3) untuk mengetahui pengaruh Pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar pada Siswa di madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Krasak Boyolali. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pengaruh Pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar matematika di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Krasak Boyolali. Untuk menjawab permasalahan dan hipotesis penelitian, maka digunkan analisis presentase dan regresi linier sederhana. Subjek penelitian sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunkan instrumen penyebaran angket/kuisioner dan dakumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2022/2023 dalam kondisi sedang dengan presentase 90%. Motivasi belajar matematika di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Krasak tahun ajaran 2022/2023 dalam kondisi tinggi yaitu 19 siswa dengan presentasi 63,3%. Pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 16,1% sehingga dari hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan antara pendidikan orang tua dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 16:30
Last Modified: 12 Jul 2024 16:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item View Item