PENERAPAN INDEX CARD MATCH DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII B MTS DARUL ULUM SURUH KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

raji, (2024) PENERAPAN INDEX CARD MATCH DENGAN METODE ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII B MTS DARUL ULUM SURUH KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RAJI 23060170028 (2 redi).pdf

Download (8MB)
[img] Text
RAJI 23060170028 (2 redi).pdf

Download (8MB)
[img] Text
RAJI 23060170028 (2 redi).pdf

Download (8MB)
[img] Text
RAJI 23060170028 (2 redi).pdf

Download (8MB)
[img] Text
RAJI 23060170028 (2 redi).pdf

Download (8MB)
[img] Text
RAJI 23060170028 (2 redi).pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Index Card Match dengan Active Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas 8 MTs Darul Ulum Suruh Tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di dalam kelas untuk peningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di antaranya: perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acion), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecing). Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas VIII B MTs Darul Ulum Suruh Kabupaten Semarang sebanyak 20 siswa dengan komposisi 15 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di MTs Darul Ulum Suruh pada mata pelajaran IPA sebesar 70. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penerapan Index Card Match dengan metode Active Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Darul Ulum Suruh. Peningkatan hasil belajar tersebut dicapai dengan dua siklus. Peningkatan hasil belajar pada siklus I sebanyak siswa yang mencapai ketuntasan indikator sebanyak 13 siswa dengan persentase 65% dan7 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 35%. Pada siklus II siswa yang mencapai intikator ketuntasan sebanyak 17 siswa dengan persentase 85% dan siswa yang dinyatakan tidak tuntas sebanyak 15%. Besar peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 20%. Demikian proses pembelajaran siklus II berhentikan karena telah tercapainya indikator keberhasilah yang ditentukan sebesar ≥85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 16:33
Last Modified: 12 Jul 2024 16:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21306

Actions (login required)

View Item View Item